“ Tolong servernya segera di perbaiki ,saya tidak bisa daftar untuk konsolultasi anak saya ke dokter besok ”
“ Yth bapak ibu Pimpinan RKSD Balikpapan Terkait dengan tata tertib larangan untuk merokok di area RSUD harap lebih dinpertegas di dalam penerapan di lapangan Supaya aspek kesehatan tidak hanya menjadi simbol di dalam papan Terutama di wilayah Food court yang masih dapat di lihat dengan jelas Kemudian yang saya secara pribadi sangat sayangkan untuk oknum yang merokok di dalam kamar mandi ICU rumah sakit Harap lebih di tindak tegas Hal ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pasien. Pasalnya pendamping pasien yang masuk dalam ruang ICU PICU/NICU harus benar benar steril baik dari pakain dan kesehatan. Dan yang sangat kita ketahui sendiri untuk pasien yang mengidap radang paru-paru sangat sensitif dengan pakaian yg terpapar asap rokok, hal ini bukan hanya beresiko bagi oknum perokok tapi pengguna kamar mandi setelahnya, karena sirkulasi di dalam kamar mandi tidak memiliki penyaring udara sehingga meninggalkan residu dari asap rokok Demikian yg saya dapat sampaikan semoga manajemen dapat melakukan yg lebih baik dan serius dalam menangani hal ini Terimakasih Guruh.Junia SE ”
“ Selamat malam, tidak mengurangi rasa hormat. Pesan yang saya ingin sampaikan kepada menegement & petinggi RSUD Kanungjoso. Mohon di tinjau kembali tenaga medis pelayanan IGD (Ners) supaya lebih sopan & tidak berbicara melebih lebihkan terhadap teman sejawat yang lainnya dalam berbicara terhadap pasien atau keluarga pasien. Jangan dengan nada bicara yang tidak baik terhadap pasiennya. Ini pertama kalinya mendapatkan pelayanan seburuk ini di RS, kecewa sekali. Mohon di beri teguran jika ada tenaga medis yang tidak baik dalam pelayanan, karna itu sangat membuat tidak nyaman terhadap pasien yang ada. Semua pekerjaan itu capeee tau, tapi tolong dong etitutnya di jaga. Kode etik terhadap pasiennya diterapkan. Miris banget lihat & dengar petugasnya mara mara di depan banya orang. Tidak semua orang tauk apa apa saja peraturan yang ada di rs tersebut, jika ada yang salah tegurlah dengan baik terutama orang yang sudah berumur. Jika anggota keluarga kalian di tegur sekasar itu gimana rasa hatimu sakit kan pastiπ₯² Semoga mas nya tadi segera di sadarkan Allah bahwa perkataannya tidak baik & jangan jadi laki laki yang lemes dalam berbicara. TIDAK RAMAH BINTANG -βοΈ Buat Masnya! ”
“ Klaster : Alam Asri 1, Perumahan Resor - Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, 22 September 2022 Kepada Yth. : Kepala RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo Para Keluarga Korban Tewas Kecelakaan dan Korban Luka Perihal : Usaha Menghidupkan Korban Tewas Kecelakaan Tembusan : Para Pegawai dan Tenaga Medis RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo , Balikpapan PN β Balikpapan Bareskrim Polri ; Komnas HAM ; Polres Balikpapan kota ; Polres Tangsel ; Dari : Agam Fauzi Hasan Salam. Dari referensi berita koran Kompas tgl. 22 September 2022, hal. 15 dari judul berita : β Sopir Truk Lalai, Lima Tewas β diberitakan bahwa telah terjadi kecelakaan truk dan mobil yang sedang menepi tgl. 20 September 2022 jam. 23.00 Wita yang menghindari truk dari arah berlawanan di Jalan Soekarno β Hatta, Balikpapan sehingga menabrak mobil Toyota dan Pikap yang menepi ( negosiasi keserempet ) yang telah menewaskan 5 orang yang telah di bawa ke RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo , Balikpapan di dalamnya terdapat 4 wanita dan 1 sopir pikap serta 6 orang luka berat dan ringan. Saya, Agam Fauzi Hasan, 53 tahun, No. KTP. 3674040701690020, islam, beralamat di Jl. Blok H 30 No. 9, Klaster Alam Asri 1, Perumahan Resor β Vila Dago, RT. 07 / RW. 022, Kel. Banda Baru, Kec. Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, HP. 085399452658 / 085716633299, single /tinggal sendiri, sarjana, pencari jodoh, pengurus rumah / tanah dari proyek hipotik sejak tahun 2000 ( sejak persidangan Soeharto tahun 1999 ). Saya turut berduka cita atas peristiwa tersebut. Dan bermaksud ingin memberi saran kepada keluarga korban kecelakaan lalu lintas untuk para korban tewas diuji-cobakan suntikan BCG ( Bacillus Calmette-Guerin ) untuk dapat hidup kembali di bagian depan dari organ hati manusia yang telah meninggal / tewas atau mungkin di bagian kiri atas tubuh manusia oleh penduga pemilik tubuh atau info / pengawasan dari dokter dan perawat rumah sakit. Penyuntikan orang meninggal dengan suntikan BCG untuk dapat hidup kembali tersebut adalah dari referensi pengalaman saya di masa lalu sewaktu masih tinggal di Jl. Patal Senayan IV / 25 Jakarta Selatan ( Β± 1972 β 1989 ) dan Jl. Sasak Tinggi ( Otista Raya ) No. 50 Ciputat, TangSel, Banten ( 1989 β 2015 ) kepada orang tua, adik β adik, teman-teman, famili dan tetangga β tetangga dari harapan kesaksian Puskesmas Patal Senayan, Puskesmas Johanes di Kemandoran, Jakarta Selatan, Puskesmas Pamulang dan Ciputat, dll dari lokasi sekitarnya sekitar tahun 1980 β 1989 dan 1989 β 2005 atau penyidikan Kepolisian RI. Dan saya belum berhubungan dengan pengadilan untuk usaha terakhir sewaktu keinginan terakhir orang tua menjadi disuntik BCG dari pengalaman saya di masa lalu. Semoga saran dan pendapat ini dapat diterima oleh keluarga korban dan menjadi disetujui oleh pihak rumah sakit, kepolisian, pengadilan dan Allah swt. Orang tua ; alm. Hasan Husni ( meninggal, kl. tgl. 30 Desember 2002 ) ; almh. Jamilah ( meninggal, tgl. 10 Mei 2008 ) dan adik saya ; alm. Zulfikar Hasan ( meninggal, tgl. 22 April 2018 ) yang telah meninggal yang sebelumnya ada permintaan saya untuk disuntik BCG tetapi menjadi ditolak oleh lingkungan pengurus kematian dan sedang terhadap adik saya yang terlupakan oleh usaha penyuntikan ini. Mungkin sebelum terjadinya kecelakaan di kota Balikpapan, para korban dan rekan-rekannya berhubungan dengan lawan β lawan saya dalam email berjudul : β Surat Gugatan PMH ( Perbuatan Melawan Hukum ) oleh kaitan penagihan hutang / setoran akte hipotik debitur oleh kreditur akte hipotik level 1 dan 2 yang menjadi menggangu pikiran mengemudi ataupun terjadi sabotase makanan dan minuman untuk menggangu konsentrasi mengemudi. Saran dan Pendapat di atas mempertimbangkan UU di Indonesia di era globalisasi dari : - UU No. 39 / 1999 pasal 7, 9, 23 ayat 2, 44, 100 - 103 ; - UU No. 36 / 2009 pasal 15 - 19, pasal 31, 32 ; Rencana saya akan mengirim lewat email juga. Mohon maaf atas usaha ini. Terima kasih atas perhatiannya. Salam duka, Agam Fauzi Hasan ”
“ Mohon di respon apabila ada penelpon yang menelpon ke operator ”
“ Tetap tingkatkan kinerja bagusnya kak! ”
“ Selamat pagi, Dalam pelayanan pendaftaran fsioterapi, sebaiknya mesin no antrian di tiadakan saja, alihkan semua pendaftaran di pendaftaran online, karena kasian pasien yang datang pagi karena lupa daftar online ambil no antrian no antrian gak jalan jalan, semua yang daftar online di layani lebih dulu meskipun baru datang kasian yang ambil no antrian datang lebih pagi menunggu lebih lama. Jadi kalo gak daftar online gak bisa fisioterapi baiknya seperti itu bila alur antrian tidak bisa adil antara online dan mesin ”
“ Selamat pagi, Dalam pelayanan pendaftaran fsioterapi, sebaiknya mesin no antrian di tiadakan saja, alihkan semua pendaftaran di pendaftaran online, karena kasian pasien yang datang pagi karena lupa daftar online ambil no antrian no antrian gak jalan jalan, semua yang daftar online di layani lebih dulu meskipun baru datang kasian yang ambil no antrian datang lebih pagi menunggu lebih lama. Jadi kalo gak daftar online gak bisa fisioterapi baiknya seperti itu bila alur antrian tidak bisa adil antara online dan mesin ”
“ Hari ini tanggal 8-Des-22, ada kegiatan pembongkaran box dindepan ICU dimana kegiatan tersebut menimbulkan susra yang sangat bising yang berasal dari kegiatan memalu dan grinding... Mohon agar kegiatan serupa dapan dilakukan di luar area rumah sakit, terutama TIDAK DI DEPAN ICU karena akan sangat menggangu terutama bagi pasien. ”
“ Merasa tidak nyaman dan terganggu. Terdapat kesalahan dari bagian administrasi, keponakan saya sudah didaftarkan sesuai prosedur dan datang duluan. Namun dari pihak terapis meminta kami untuk mengurus ke bagian administrasi dan keponakan saya ditunda untuk masuk padahal sudah hadir duluan dan bukan kesalahan dari kami sebagai pasien. Terlebih keponakan saya tidak bisa diam dan dapat mengganggu kenyamanan dari penunggu dan pasien lainnya. Mohon perhatiannya agar bisa melayani dulu sembari kesalahan dari bagian administrasi RS diperbaiki. Terima kasih ”
“ Tolong klu pasien dipulangkan jangan kelamaan administrasi nya ini udah 5 jam lebih gk kelar kelar ”
“ Terima kasih telah menyampaikan pengaduan kepada kami. Terkait pengaduan yang Bapak/Ibu ajukan dapat kami informasikan bahwa : 1. Saat pasien dinyatakan boleh pulang oleh dokter, tidak langsung dapat diurus administrasinya. 2. Setelah dokter menyampaikan pasien boleh pulang hari ini, dokter akan mengisi dokumen rekam medis pasien melalui aplikasi E-RM. 3. Setelah visite pasien yang dinyatakan bisa pulang dokter akan melakukan visite terlebih dahulu ke pasien lainnya dalam 1 lantai di ruangan perawatan tersebut. 4. Setelah selesai visite dokter baru mengisi E-RM. 5. Setelah E-RM diisi, dokter akan membuat resume medis pasien, menginstruksikan obat sangu pulang pasien. 6. Petugas apotek akan menyiapkan obat pasien 7. Petugas administrasi akan melakukan pengecekan tindakan dan perawatan selama pasien dirawat. 8. Pengecekan ulang pasien sebelum pasien pulang. Demikian yang dapat kami sampaikan. ”
“ malam ini saya jauh2 dari grogot saya sudah tegur 2 kali petugas jaga agar tidaknribut karena saya diruang vip..tapi masih tetap ribut sampai diatas pukul 23 : 30.. ciri2 yang piket adalah wanita namanya adalah ayu..tolong ditindak lanjut ”
“ Terima kasih telah membagikan pengaduan kepada kami. Terkait pengaduan yang telah Bapak sampaikan telah kami teruskan kepada Atasan Langsung pegawai yang bersangkutan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan selama berada dilingkungan RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Humas - RSKD ”
“ Pak/ Bu kenapa kami belum di hub sampai sekarang bahwa alat scan yg kami butuhkan sudah baik..karna itu hari kamu di balikpapan Rs di info kan bahwa alatnya rusak.. ”
“ Kepada Bapak Ambo Wella Terima kasih telah berkunjung ke Website RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan melalui konten Kritik dan Saran. Terkait keluhan yang Bapak sampaikan, untuk jadwal tindakan sesuai dengan daftar waiting list Radiologi - RSKD. Jika jadwalnya sudah dekat pasti pasien akan dihubungi oleh petugas, namun bila Bapak ingin mengetahui informasi secara langsung silahkan WA ke kontak admin Radiologi (0813 4843 5141) di hari kerja : 1. Senin - Kamis pukul : 08.00 - 14.00 wita 2. Jum'at pukul : 08.00 - 11.00 wita Demikian kami sampaikan. Humas - RSKD ”
“ Adakah no WA informasih ”
“ Selamat siang Bapak Franky. Untuk kontak informasi silahkan ke 0811 5425 021. Terima kasih ”
“ Kritik untuk pelayanan di poli anak. Perawat yang bertugas di poli anak mohon untuk diberi arahan dan pelatihan service excellent karena sangat tidak ramah. Banyak orang tua anak yang sedang sakit makin merasa tidak nyaman dengan pelayanan petugas poli anak. Mohon management RSKD menempatkan petugas yang benar-benar dapat memberikan pelayanan yg baik di poli-poli atau di bagian front desk, bukan sekedar menempatkan petugas yang sudah tua atau menunggu masa pensiun yang membutuhkan beban kerja yang lebih ringan dari pada pelayanan di ruang perawatan. Demikian kritik kami, agar pihak manajemen RSKD dapat memperbaiki. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Helena di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang anak Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, apakah berkenan memberikan petunjuk kepada kami nama atau ciri-ciri petugas yang Ibu maksud agar tindak lanjut pengaduan segera dapat kami selesaikan. Dan untuk pembinaan, telah dilakukan oleh seluruh atasan langsung masing-masing pegawai dan untuk pelatihan pengembangan diri masing-masing pegawai terus dilakukan secara kontinue seperti komunikasi efektif dan pelayanan prima. Untuk perilaku yang petugas tunjukkan kepada Ibu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ Tolong untuk perawat di Flamboyan E kalau pengunjung bertanya soal ruangan dan apapun itu, jawab yang ramah dong jangan ketus, minta teguran nya untuk perawat yg berjaga malam ini tgl 30 Juni 2024 di Flamboyan E ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Sella di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, apakah kami boleh mengetahui siapa nama petugasnya? Dan sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu rasakan serta perbuatan yang kurang pantas dilakukan oleh petugas kami. Pengaduan ini akan kami tindak lanjuti dengan lebih serius. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ Mohon diperbaiki sistem pendaftaran pasien, baik melalui aplikasi maupun website. Jangan menjadi ciri khas instansi pemerintahan yang hanya buang anggaran untuk connect ke sistem, tapi tidak bisa digunakan dan akhirnya pasien masih harus manual datang berkunjung seperti jaman soeharto. terima kasih ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Gusti di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, kami sampaikan bahwa Sistem Pendaftaran Online khusus pasien peserta BPJS melalui Aplikasi JKN Mobile yang dikoneksikan dengan SIM-RSKD. Bila terjadi kendala ini murni adalah jaringan yang tidak dapat terbridging ke Sistem RSKD (bisa karena kendala error server). Bagi pasien yang tidak dapat menggunakan aplikasi JKN Mobile dapat menggunakan Aplikasi Kanujoso Care. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ tgl 28 juli 2024, 11.39 keterangan kamar di web tersedia 24 bed. tapi ternyata diaplikasi rskd sesuai informasi pendaftaran igd full. jadi saya harus percaya yg mana min. web dan dilapangan tidak sesuai. padahal keterangan di web terupdate. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Maya di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, kami sampaikan bahwa data bed monitoring yang tersedia dalam Website RSKD itu sudah sesual dan riel. Untuk jumlah tempat tidur yang Ibu lihat dalam Website itu diperuntukkan sesuai dengan jenis kelamin, tindakan medis operatif atau tidak, ibu melahirkan, anak-anak/balita. Peruntukkan tempat tidur di masing-masing ruang perawatan sesuai dengan peruntukan perawatan. Berhubungan dengan kondisi yang Ibu alami tersebut, dapat ditanyakan lebih lanjut ke bagian Tempat Pendaftaran Rawat Inap, akan dijelaskan secara teknis. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ saran, sebaiknya letak poli anak dan saraf tidak bersebalahan. poli saraf memiliki antrian yang panjang. saya adalah salah satu pasien poli saraf yang sudah berobat rawat jalan selama 2 bulan terakhir. dan merasa terganggu sekali saat mengantri karna bisa setengah hari dari pagi sampai siang. saya kagum dengan lansia yang sangat sabar dengan keributan anak anak kecil di playground. saya yang mengalami sakit kepala akibat penyakit IIH yang di diagnosa dokter tidak tahan dengan hal tersebut. saya yakin tidak hanya saya. saya harap kedepannya RS kanujoso bisa meningkatkan pelayanannya karena sejauh ini sudah sangat baik. ini hanya saran dari saya salah satu pasien RS ini. mungkin bisa dipindah ke sebelah poli lain yang memiliki antrian sedikit. terima kasih. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Tyas di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan saran yang Ibu ajukan, akan kami koordinasikan dengan Manajemen Rumah Sakit, semoga apa yang menjadi harapan Ibu dapat kami penuhi dengan memperhatikan standar prosedur operasional yang berlaku. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”