“ Tolong klu pasien dipulangkan jangan kelamaan administrasi nya ini udah 5 jam lebih gk kelar kelar ”
“ Terima kasih telah menyampaikan pengaduan kepada kami. Terkait pengaduan yang Bapak/Ibu ajukan dapat kami informasikan bahwa : 1. Saat pasien dinyatakan boleh pulang oleh dokter, tidak langsung dapat diurus administrasinya. 2. Setelah dokter menyampaikan pasien boleh pulang hari ini, dokter akan mengisi dokumen rekam medis pasien melalui aplikasi E-RM. 3. Setelah visite pasien yang dinyatakan bisa pulang dokter akan melakukan visite terlebih dahulu ke pasien lainnya dalam 1 lantai di ruangan perawatan tersebut. 4. Setelah selesai visite dokter baru mengisi E-RM. 5. Setelah E-RM diisi, dokter akan membuat resume medis pasien, menginstruksikan obat sangu pulang pasien. 6. Petugas apotek akan menyiapkan obat pasien 7. Petugas administrasi akan melakukan pengecekan tindakan dan perawatan selama pasien dirawat. 8. Pengecekan ulang pasien sebelum pasien pulang. Demikian yang dapat kami sampaikan. ”
“ malam ini saya jauh2 dari grogot saya sudah tegur 2 kali petugas jaga agar tidaknribut karena saya diruang vip..tapi masih tetap ribut sampai diatas pukul 23 : 30.. ciri2 yang piket adalah wanita namanya adalah ayu..tolong ditindak lanjut ”
“ Terima kasih telah membagikan pengaduan kepada kami. Terkait pengaduan yang telah Bapak sampaikan telah kami teruskan kepada Atasan Langsung pegawai yang bersangkutan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan selama berada dilingkungan RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Humas - RSKD ”
“ Pak/ Bu kenapa kami belum di hub sampai sekarang bahwa alat scan yg kami butuhkan sudah baik..karna itu hari kamu di balikpapan Rs di info kan bahwa alatnya rusak.. ”
“ Kepada Bapak Ambo Wella Terima kasih telah berkunjung ke Website RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan melalui konten Kritik dan Saran. Terkait keluhan yang Bapak sampaikan, untuk jadwal tindakan sesuai dengan daftar waiting list Radiologi - RSKD. Jika jadwalnya sudah dekat pasti pasien akan dihubungi oleh petugas, namun bila Bapak ingin mengetahui informasi secara langsung silahkan WA ke kontak admin Radiologi (0813 4843 5141) di hari kerja : 1. Senin - Kamis pukul : 08.00 - 14.00 wita 2. Jum'at pukul : 08.00 - 11.00 wita Demikian kami sampaikan. Humas - RSKD ”
“ Adakah no WA informasih ”
“ Selamat siang Bapak Franky. Untuk kontak informasi silahkan ke 0811 5425 021. Terima kasih ”
“ Kritik untuk pelayanan di poli anak. Perawat yang bertugas di poli anak mohon untuk diberi arahan dan pelatihan service excellent karena sangat tidak ramah. Banyak orang tua anak yang sedang sakit makin merasa tidak nyaman dengan pelayanan petugas poli anak. Mohon management RSKD menempatkan petugas yang benar-benar dapat memberikan pelayanan yg baik di poli-poli atau di bagian front desk, bukan sekedar menempatkan petugas yang sudah tua atau menunggu masa pensiun yang membutuhkan beban kerja yang lebih ringan dari pada pelayanan di ruang perawatan. Demikian kritik kami, agar pihak manajemen RSKD dapat memperbaiki. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Helena di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang anak Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, apakah berkenan memberikan petunjuk kepada kami nama atau ciri-ciri petugas yang Ibu maksud agar tindak lanjut pengaduan segera dapat kami selesaikan. Dan untuk pembinaan, telah dilakukan oleh seluruh atasan langsung masing-masing pegawai dan untuk pelatihan pengembangan diri masing-masing pegawai terus dilakukan secara kontinue seperti komunikasi efektif dan pelayanan prima. Untuk perilaku yang petugas tunjukkan kepada Ibu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ Tolong untuk perawat di Flamboyan E kalau pengunjung bertanya soal ruangan dan apapun itu, jawab yang ramah dong jangan ketus, minta teguran nya untuk perawat yg berjaga malam ini tgl 30 Juni 2024 di Flamboyan E ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Sella di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, apakah kami boleh mengetahui siapa nama petugasnya? Dan sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu rasakan serta perbuatan yang kurang pantas dilakukan oleh petugas kami. Pengaduan ini akan kami tindak lanjuti dengan lebih serius. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ Mohon diperbaiki sistem pendaftaran pasien, baik melalui aplikasi maupun website. Jangan menjadi ciri khas instansi pemerintahan yang hanya buang anggaran untuk connect ke sistem, tapi tidak bisa digunakan dan akhirnya pasien masih harus manual datang berkunjung seperti jaman soeharto. terima kasih ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Gusti di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, kami sampaikan bahwa Sistem Pendaftaran Online khusus pasien peserta BPJS melalui Aplikasi JKN Mobile yang dikoneksikan dengan SIM-RSKD. Bila terjadi kendala ini murni adalah jaringan yang tidak dapat terbridging ke Sistem RSKD (bisa karena kendala error server). Bagi pasien yang tidak dapat menggunakan aplikasi JKN Mobile dapat menggunakan Aplikasi Kanujoso Care. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ tgl 28 juli 2024, 11.39 keterangan kamar di web tersedia 24 bed. tapi ternyata diaplikasi rskd sesuai informasi pendaftaran igd full. jadi saya harus percaya yg mana min. web dan dilapangan tidak sesuai. padahal keterangan di web terupdate. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Maya di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan keluhan yang Ibu ajukan, kami sampaikan bahwa data bed monitoring yang tersedia dalam Website RSKD itu sudah sesual dan riel. Untuk jumlah tempat tidur yang Ibu lihat dalam Website itu diperuntukkan sesuai dengan jenis kelamin, tindakan medis operatif atau tidak, ibu melahirkan, anak-anak/balita. Peruntukkan tempat tidur di masing-masing ruang perawatan sesuai dengan peruntukan perawatan. Berhubungan dengan kondisi yang Ibu alami tersebut, dapat ditanyakan lebih lanjut ke bagian Tempat Pendaftaran Rawat Inap, akan dijelaskan secara teknis. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ saran, sebaiknya letak poli anak dan saraf tidak bersebalahan. poli saraf memiliki antrian yang panjang. saya adalah salah satu pasien poli saraf yang sudah berobat rawat jalan selama 2 bulan terakhir. dan merasa terganggu sekali saat mengantri karna bisa setengah hari dari pagi sampai siang. saya kagum dengan lansia yang sangat sabar dengan keributan anak anak kecil di playground. saya yang mengalami sakit kepala akibat penyakit IIH yang di diagnosa dokter tidak tahan dengan hal tersebut. saya yakin tidak hanya saya. saya harap kedepannya RS kanujoso bisa meningkatkan pelayanannya karena sejauh ini sudah sangat baik. ini hanya saran dari saya salah satu pasien RS ini. mungkin bisa dipindah ke sebelah poli lain yang memiliki antrian sedikit. terima kasih. ”
“ Terima kasih atas kunjungan Ibu Tyas di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan mempercayakan perawatan serta pengobatan penyakit yang Ibu derita di RS kami. Terkait dengan saran yang Ibu ajukan, akan kami koordinasikan dengan Manajemen Rumah Sakit, semoga apa yang menjadi harapan Ibu dapat kami penuhi dengan memperhatikan standar prosedur operasional yang berlaku. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. Salam Sehat, Humas - RSKD ”
“ Banyak burung-burung liar yang hinggap di area rangka atap food court, alhasil banyak kotoran burung di rangka atap, dimeja dan kursi makan. Kelompok burung juga bermain di meja dan kursi kosong. Masih ditemukan pengunjung food court yang merokok, signboard larangan sudah jelas namun tidak ada petugas keamanan yang patroli. ”
“ Terima kasih atas perhatian dan masukan yang telah disampaikan terkait kondisi area food court di lingkungan rumah sakit kami. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pengunjung akibat adanya burung liar yang hinggap dan meninggalkan kotoran di area atap, meja, maupun kursi makan. Kami juga menyayangkan masih adanya pengunjung yang merokok di area tersebut meskipun sudah terdapat papan larangan. Menanggapi hal tersebut, manajemen rumah sakit telah melakukan evaluasi dan telaah staf terkait penataan ulang dan rencana renovasi area food court. Termasuk di dalamnya upaya pencegahan masuknya burung liar serta peninjauan ulang sistem kebersihan dan sirkulasi udara. Selain itu, kami juga akan memperkuat pengawasan dengan meningkatkan patroli dari petugas keamanan dan menegaskan kembali larangan merokok di seluruh area rumah sakit, guna menjaga kenyamanan dan keselamatan pengunjung serta mendukung lingkungan rumah sakit yang bersih dan sehat. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif Bapak/Ibu dalam membantu kami memperbaiki layanan. Masukan ini menjadi bagian penting dalam peningkatan mutu fasilitas kami. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Mohon maap, anak2 kecil boleh ya masuk ruang ICU? ”
“ Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan pasien, serta memastikan lingkungan yang tenang dan kondusif bagi proses pemulihan pasien, sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah sakit, RSKD menetapkan bahwa anak-anak yang berusia 12 tahun ke bawah tidak diperbolehkan untuk menunggu atau mengunjungi pasien di ruang perawatan. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kebersihan, mencegah penyebaran infeksi, serta memastikan tidak adanya gangguan yang dapat mempengaruhi kondisi pasien yang sedang dalam perawatan. Kami mohon pengertian dan kerjasama dari Bapak/Ibu dalam mengikuti kebijakan ini demi kebaikan bersama. Terima kasih atas perhatian dan pengertian yang diberikan. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Saran aja nih ya, tolong dong sediain jaringan wifi untuk keluarga pasien yang lagi nunggu di ICU. Minimal Wifi.id lah kasian nih masa harus beli kuota terus belum lagi kuota nya harus irit-irit jadi mereka nonton youtube pake resolusi 144p, Udah ngirit sakit mata lagi. Nah kalo ada wifi.id kan lumayan tuh ada paket 50 ribu untuk sebulan unlimited sampe mabok internet. Masa gak bisa minta telkom pasangin jaringan wifi.id ”
“ Terima kasih atas saran dan perhatian yang telah disampaikan. Kami sangat menghargai masukan dari masyarakat, termasuk usulan untuk menyediakan jaringan Wi-Fi bagi keluarga pasien yang sedang menunggu, khususnya di area ICU. Kami memahami bahwa ketersediaan akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting, baik untuk komunikasi maupun mendapatkan informasi, terlebih bagi keluarga pasien yang menunggu dalam waktu lama. Namun perlu kami sampaikan bahwa untuk saat ini, RSKD belum dapat menyediakan jaringan Wi-Fi publik di area rumah sakit, termasuk jaringan seperti Wifi.id. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan dalam infrastruktur dan kebijakan internal rumah sakit yang memprioritaskan keamanan jaringan dan kestabilan sistem informasi pelayanan medis. Meski demikian, saran ini akan kami catat dan teruskan kepada manajemen serta instansi terkait sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan untuk pengembangan fasilitas ke depan. Kami berharap dapat menghadirkan lingkungan rumah sakit yang lebih nyaman dan mendukung kebutuhan seluruh pengunjung dan keluarga pasien. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ sangat tidak memuaskan kami pasien bpjs dirawat di flamboyan A tidak untuk semua perawat di flamboyan A, hanya beberapa, krna msh ada 2 orang nakes (mba vera & mba yuli) di flamboyan A yg baik hati pelayanan ramah, salam hormat sy untuk 2 orang mba nakes tersebut semoga Allah mengangkat derajat mba & keluarga serta sehat selalu kami pasien orang awam yg butuh penjelasan terkait penyakit yg kami rasakan, saat kami bertanya pada dokter spesialis yg sedang visite, perawat pendamping dan dokter baru malah tertawa kecil (mengolok olok) berbisik dengan teman membicarakan kami saat kami bertanya pada dokter sangat tidak etis menurut sy sebagai nakes harusnya menjaga sikap & perilaku ”
“ Terima kasih atas masukan dan kepercayaan Bapak/Ibu yang telah disampaikan kepada kami. Kami juga menyampaikan apresiasi dan salam hormat atas penghargaan yang diberikan kepada perawat kami, Mbak Vera dan Mbak Yuli, di ruang Flamboyan A. Semoga do'a baik yang Bapak/Ibu sampaikan kembali kepada Bapak/Ibu dan keluarga. Terkait pengalaman tidak menyenangkan yang dialami selama proses perawatan, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kami sangat menyesalkan adanya sikap tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat pendamping, yang dinilai tidak profesional dan kurang menghargai pasien saat sedang bertanya mengenai kondisi kesehatannya. Perilaku tertawa atau membisikkan komentar yang terkesan mengolok, apalagi di hadapan pasien, tidak sesuai dengan standar etika profesi dan pelayanan kami. Hal ini tentu akan menjadi evaluasi serius bagi manajemen rumah sakit dan kami akan menindaklanjuti laporan ini kepada bagian terkait agar dapat dilakukan pembinaan dan koreksi sikap, guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang ramah, profesional dan berorientasi pada empati, tanpa membedakan latar belakang pasien, termasuk peserta BPJS. Kebutuhan akan penjelasan medis merupakan hak pasien dan menjadi kewajiban kami untuk menyampaikannya secara terbuka, sabar dan dengan penuh hormat. Kami berterima kasih atas kritik yang membangun ini. Masukan Bapak/Ibu menjadi pemacu kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan demi kenyamanan dan kepercayaan masyarakat. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Tolong untuk pengelola RSUD kanujoso lengkapi dr,specialisnya terutama dr.spog onkologi ginelogi kami butuh?bagi kami yg ngak mampu bolak balik balikpapan samrinda butuh transport dan biaya penginapan serta biaya makan besar? ”
“ Terima kasih atas perhatian dan aspirasi yang Bapak/Ibu sampaikan terkait kebutuhan pelayanan dokter spesialis onkologi ginekologi di RSKD. Kami memahami betapa pentingnya keberadaan layanan tersebut, khususnya bagi pasien yang memiliki keterbatasan akses dan kemampuan ekonomi untuk melakukan perjalanan ke luar kota seperti Samarinda. Perlu kami sampaikan bahwa hingga saat ini, RSKD memang belum memiliki dokter spesialis onkologi ginekologi. Sebelumnya, rumah sakit telah membuka formasi dan melakukan upaya perekrutan, namun hingga kini belum ada dokter dengan kualifikasi tersebut yang melamar. Kami terus berupaya untuk melengkapi layanan spesialistik demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menjalin koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur serta Institusi Pendidikan Kedokteran untuk membuka peluang penempatan dokter spesialis di RSKD. Masukan dari masyarakat seperti ini menjadi dorongan penting bagi kami untuk terus berbenah dan memperjuangkan pemenuhan SDM kesehatan yang memadai. Kami berharap dalam waktu mendatang, kebutuhan ini dapat segera terpenuhi agar masyarakat tidak lagi terbebani dengan biaya dan waktu untuk mengakses layanan lanjutan di luar kota. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Bapak/Ibu. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Perawat di Flamboyan A ketus bahkan ada yang bilang jijik ke pasiennya karena bajunya kotor padahal baju dari RS. Dan responsnya lambat jika ada kendala pasien. Lebih ditingkatkan lagi pelayanannya. Pasien masuk rumah sakit karena sakit tapi malah di ucapan ketus dan di bilang jijik. Baru ini ada perawat jijik jijik gtu ”
“ Terima kasih atas laporan dan masukan yang telah disampaikan. Kami turut prihatin dan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas pengalaman tidak menyenangkan yang Bapak/Ibu alami selama dirawat di Ruang Flamboyan A. Perilaku tenaga kesehatan yang bersikap ketus, lambat dalam merespons atau bahkan sampai mengucapkan kata-kata tidak pantas seperti “jijik” kepada pasien, sangat tidak dapat dibenarkan dan tidak mencerminkan etika profesi tenaga kesehatan. Setiap pasien berhak untuk diperlakukan dengan hormat, empati dan kesetaraan tanpa diskriminasi dalam kondisi apapun. Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi dan laporan ini akan kami tindak lanjuti dengan serius. Kami akan melakukan klarifikasi kepada tim perawat yang bertugas di ruang terkait serta mengambil langkah pembinaan dan evaluasi sesuai ketentuan rumah sakit. Kami juga terus mendorong peningkatan pelayanan melalui pelatihan sikap profesionalisme, komunikasi empatik dan tanggung jawab pelayanan bagi seluruh staf kami. Kritik dan masukan dari pasien seperti ini sangat penting untuk membantu kami memperbaiki mutu layanan dan membentuk lingkungan perawatan yang lebih manusiawi dan mendukung proses penyembuhan. Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami ucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak/Ibu. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Tolong pihak pendaftaran/BPJS RS kanujoso lebih teliti lagi dalam penentuan dokter tujuan rujukan. Saya di rujuk oleh dr. Hamidah ke sp. Endokrin metabolik RSCM tetapi pihak RS. Kanujoso menulis tujuan dokter endokrinologi. Saya sudah sampai di jakarta baru di beritahu pihak pendaftaran RSCM bahwa salah dokter tujuan. Pihak RSCM membantu menghubungi RS kanujoso tetapi malah di tolak. Tolong lebih responsif ”
“ Terima kasih atas informasi dan masukan yang telah disampaikan kepada kami. Kami memahami kekecewaan dan ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami akibat ketidaksesuaian dalam penulisan tujuan rujukan, terlebih setelah menempuh perjalanan jauh ke Jakarta. Kami mohon maaf atas kekeliruan yang terjadi dalam penentuan tujuan dokter spesialis pada surat rujukan. Hal ini tentu bukan menjadi pengalaman yang kami harapkan untuk pasien kami. Kami juga menyesalkan jika dalam proses klarifikasi terdapat kendala komunikasi yang menambah kesulitan yang Bapak/Ibu alami. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami siap membantu untuk melakukan revisi surat rujukan agar sesuai dengan spesialis atau subspesialis yang benar, sesuai dengan permintaan dan rujukan awal dari dokter pengirim. Untuk itu, mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengirimkan salinan atau foto surat rujukan sebelumnya, agar kami dapat segera menindaklanjuti dan menerbitkan rujukan yang telah dikoreksi. Boleh dikirimkan melalui WA 0811 5425 021, kami akan mengupayakan penyelesaian secepat mungkin. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan ketelitian dan pelayanan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Assalamualaikum.. mohon maaf sebelumny.. sebenarnya saya agak kesel aja.. mohon antrian pengambilan obat petugasny kerja dengan baik?.. jangan kebanyakan cerita/ngbrol dan percepat layanan jika tidak ada antrian yg dipanggil atau orang ny tidak ada sebaikny liat2 kedepan dan cepat mangambil langkah selanjutny.. krna saya liat saya kesel kelamaan manggil nmor urut..padahal nomor yg dipanggil orangny tidak ada.. tp petugas kebanyakan ngobrol dengan petugas lain. ”
“ Terima kasih atas masukan yang telah disampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami saat proses pengambilan obat. Kami sangat menghargai kepedulian Bapak/Ibu terhadap kualitas layanan kami. Masukan ini menjadi perhatian serius bagi kami, khususnya terkait kedisiplinan dan efisiensi dalam pelayanan farmasi. Kami akan segera menegur dan mengingatkan petugas kami untuk tetap menjaga profesionalisme selama bertugas, termasuk menghindari percakapan yang tidak relevan serta memastikan proses pemanggilan nomor antrean berjalan cepat dan efektif, terutama ketika pasien yang dipanggil tidak merespons. Kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan demi memberikan pelayanan yang cepat, tertib, dan nyaman bagi seluruh pasien. Semoga ke depan pengalaman Bapak/Ibu akan jauh lebih baik. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Mohon maaf sebelumnya, untuk ruangan IGD bagian AC nya ada seperti jamur (blackmod), hitam seperti lumut. kata Alodokter itu berbahaya. Mohon mungkin bisa dibersihkan ”
“ Terima kasih atas perhatian dan masukan yang telah disampaikan kepada kami. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami selama berada di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), khususnya terkait kondisi AC yang diduga terdapat noda hitam seperti jamur (black mold). Kami sangat menghargai kepedulian Anda terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah sakit. Menanggapi hal tersebut, tim fasilitas dan kebersihan kami telah kami arahkan untuk segera melakukan pengecekan dan pembersihan secara menyeluruh pada unit AC yang dimaksud, guna memastikan tidak adanya risiko kesehatan bagi pasien, keluarga, maupun tenaga medis yang bertugas. Sebagai bagian dari upaya kami dalam menjaga mutu layanan dan keselamatan pasien, kami juga akan melakukan evaluasi berkala terhadap sistem sirkulasi udara dan peralatan pendingin ruangan di seluruh area rumah sakit. Sekali lagi, kami menyampaikan terima kasih atas masukan yang membangun ini. Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Dengan alasan peraturan baru yang berlaku,pasien di biarkan di ruang IGD dan tidak mendapatkan penanganan langsung dari dokter jaga,atau pun dari dokter spesialis.dengan berasumsi masalah peraturan BPJS terbaru.pasien yang sudah sakit dan masuk ruang IGD malah tidak mendapatkan pelayanan dan penanganan. Terus fungsi BPJS apa? Tiap bulan di bayarkan,tapi tidak bisa digunakan? Tolonglah...kita ini sama-sama manusia.posisikan diri anda diposisi pasien,gmn perasaan anda? Sudah sakit di persulit lagi.(Kecuali kami tidak punya BPJS kesehatan yang kami bayar tiap bulannya).kami bayar lho. Rumah sakit besar dan ternama,tapi pelayanan ko begini. Mana slogan kami bangga melayani bangsa? (Kami bangga melayani orang kaya iya) Sangat mengecewakan ”
“ Kami memahami kekhawatiran dan kekecewaan yang dirasakan oleh pasien maupun keluarga. Perlu kami sampaikan bahwa setiap pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap akan mendapatkan penanganan medis sesuai dengan kondisi klinisnya. Pelayanan di IGD dilakukan berdasarkan sistem triase, yaitu metode standar medis untuk menentukan tingkat kegawatdaruratan pasien, agar penanganan dapat diberikan secara tepat dan prioritas diberikan kepada yang membutuhkan tindakan segera. Bagi peserta BPJS Kesehatan, penjaminan pembiayaan layanan di IGD mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, khususnya terkait kategori kondisi gawat darurat yang dijamin. Apabila setelah dilakukan penilaian medis kondisi pasien tidak masuk dalam kategori gawat darurat sesuai kriteria BPJS, maka biaya pelayanan tidak dapat dijamin oleh BPJS dan menjadi tanggung jawab pribadi pasien. Kami tekankan bahwa rumah sakit tidak memiliki kewenangan untuk menentukan apakah suatu kasus ditanggung oleh BPJS atau tidak. Penilaian tersebut sepenuhnya mengacu pada regulasi dan panduan dari pihak BPJS Kesehatan. Namun demikian, kami berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang humanis, profesional dan sesuai standar kepada seluruh pasien, serta siap membantu pasien dan keluarga untuk mendapatkan informasi atau kejelasan terkait hak dan prosedur layanan BPJS Kesehatan. Terima kasih, Humas - RSKD ”
“ Tolong ya perawat2 bisa ga kalo ngmong yg baik ga menyudutkan seolah2 pasien salah.. kalo pasien kebingungan gausa nyalah2in.. kalian kerja kan bagian jasa pelayanan kan baik2 lah...mau sma pasien atau keluarga pasien... ngmong yg baik2 aja. Gada sopan santunny.. apa karna saya terlihat anak muda jd ga pantas di hormati gt kah? Baik2 yaa pelayananny... org kebingungan malah di salah2in... ngegas juga lagi bukanny minta maaf malah main tinggal aja.. ”
“ Terima kasih sebelumnya kepada Kakak Yuliani telah membagikan pengalamannya kepada kami. Kami sangat menghargai masukan dan kritik dari kakak karena hal tersebut dapat membantu kami untuk terus memperbaiki layanan yang kami berikan. Kami ingin memahami lebih lanjut tentang pengalaman Kakak, agar kami dapat memberikan perhatian yg lebih tepat dan memastikan bahwa pengalaman kakak tidak terulang kembali di masa mendatang. Jika kakak bersedia, kami sangat berterima kasih jika bisa memberikan informasi tambahan atau berdiskusi lebih lanjut mengenai hal tersebut. Kami berharap dapat mendengar masukan lebih lanjut dari kakak dan bekerja sama untuk memperbaiki kualitas pelayanan kami. Terima kasih dan salam sehat. Humas RSKD ”
“ S(K, PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR RSUD DR. Barang siapa yang kehilangan kartu atas nama Fuji Syarini A.Md.Kep 198809162010012016 Tolong hubungi saya.mau sya kembalikan..0895370059200.wa ”
“ Terima kasih atas informasinya ”
“ KERJA GA FOKUS. KERJA NYA GA BENER. ”
“ Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas masukan dan kritik yang disampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kekurangan dalam pelayanan yang diberikan oleh saudara Bhima Maulani Hanif. Kami akan segera melakukan evaluasi terhadap kinerja yang bersangkutan dan memberikan pembinaan agar dapat bekerja dengan lebih teliti, profesional, dan bertanggung jawab. Kami sangat menghargai perhatian dan kepedulian Ibu terhadap kualitas layanan kami. Masukan seperti ini menjadi bagian penting dalam upaya kami untuk terus memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat. Jika Ibu bersedia, kami juga terbuka untuk menerima informasi lebih lanjut (WA 0811 5425 021) mengenai kejadian atau kekurangan yang dimaksud, agar dapat ditangani secara lebih spesifik. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ TUKANG SELINGKUH. CAPER KE PASANGAN ORANG. SUKA JUAL CERITA SEDIH. ”
“ Terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada RSKD. Kami ingin menyampaikan bahwa RSKD selalu berkomitmen untuk menjaga integritas, profesionalisme dan etika seluruh pegawai kami dalam bekerja. Menanggapi tuduhan yang Saudara sampaikan, terkait dengan nama individu yang Saudara sebutkan dan isu yang disampaikan, kami perlu menegaskan bahwa hal tersebut termasuk dalam ranah pribadi dan tidak berkaitan langsung dengan institusi atau tugas kedinasan yang bersangkutan, apabila memang benar yang bersangkutan adalah bagian dari pegawai kami. Hal-hal yang menyangkut kehidupan pribadi seseorang di luar kedinasan tidak berada dalam wewenang institusi untuk diintervensi, kecuali apabila telah terbukti melanggar hukum atau berdampak langsung terhadap pelayanan dan citra institusi. Kami menyarankan agar persoalan yang bersifat pribadi diselesaikan melalui jalur yang sesuai dan sah secara hukum. Kami juga tetap terbuka untuk menerima laporan resmi apabila terdapat pelanggaran yang terjadi di lingkungan kerja rumah sakit. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih. Humas - RSKD ”
“ TUKANG SELINGKUH. CAPER KE PASANGAN ORANG. SUKA JUAL CERITA SEDIH. ”
“ Terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada RSKD. Kami ingin menyampaikan bahwa RSKD selalu berkomitmen untuk menjaga integritas, profesionalisme dan etika seluruh pegawai kami dalam bekerja. Menanggapi tuduhan yang Saudara sampaikan, terkait dengan nama individu yang Saudara sebutkan dan isu yang disampaikan, kami perlu menegaskan bahwa hal tersebut termasuk dalam ranah pribadi dan tidak berkaitan langsung dengan institusi atau tugas kedinasan yang bersangkutan, apabila memang benar yang bersangkutan adalah bagian dari pegawai kami. Hal-hal yang menyangkut kehidupan pribadi seseorang di luar kedinasan tidak berada dalam wewenang institusi untuk diintervensi, kecuali apabila telah terbukti melanggar hukum atau berdampak langsung terhadap pelayanan dan citra institusi. Kami menyarankan agar persoalan yang bersifat pribadi diselesaikan melalui jalur yang sesuai dan sah secara hukum. Kami juga tetap terbuka untuk menerima laporan resmi apabila terdapat pelanggaran yang terjadi di lingkungan kerja rumah sakit. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih. Humas - RSKD ”
“ Sy kontrol anak sy. Dan kata pos jaganya dokternya keluar tampa pemberitahuan smpai jm berapa shingga hrus nunggu sampai waktu yg tidak di tentukan.. Nama dokter: Dr. Steven Mattarungang, Sp. A . Pelayanan: Kamis 17 April 2025. . Sebaiknya etika pelayanan di perhatikan. Paling tidak jika keluar ada info brpa lama. Biar pasien tdk nunggu nggak jelas. ”
“ Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu kepada RSKD dan atas masukan yang disampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami saat menunggu pelayanan dokter tanpa informasi yang jelas mengenai waktu kembalinya dokter ke poliklinik. Kami memahami bahwa ketidakpastian waktu menunggu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih saat sedang mendampingi anak yang memerlukan perhatian medis. Masukan ini sangat berarti dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan agar lebih ramah, tertib dan responsif terhadap kebutuhan pasien. Sekali lagi, kami mohon maaf atas kejadian ini dan berterima kasih atas perhatian serta pengertian Bapak/Ibu. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Namanya citra rahayu si perempuan tidak tau malu ”
“ Terima kasih atas pertanyaan dan perhatian yang diberikan kepada RSKD. Kami ingin menyampaikan bahwa RSKD selalu berkomitmen untuk menjaga integritas, profesionalisme dan etika seluruh pegawai kami dalam bekerja. Menanggapi pertanyaan dan tuduhan yang Ibu sampaikan, kami mohon pengertiannya bahwa informasi terkait identitas dan data pribadi karyawan tidak dapat kami sampaikan secara terbuka demi menghormati privasi individu dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terkait dengan nama individu yang Ibu sebutkan dan isu yang disampaikan, kami perlu menegaskan bahwa hal tersebut termasuk dalam ranah pribadi dan tidak berkaitan langsung dengan institusi atau tugas kedinasan yang bersangkutan, apabila memang benar yang bersangkutan adalah bagian dari pegawai kami. Hal-hal yang menyangkut kehidupan pribadi seseorang di luar kedinasan tidak berada dalam wewenang institusi untuk diintervensi, kecuali apabila telah terbukti melanggar hukum atau berdampak langsung terhadap pelayanan dan citra institusi. Kami menyarankan agar persoalan yang bersifat pribadi diselesaikan melalui jalur yang sesuai dan sah secara hukum. Kami juga tetap terbuka untuk menerima laporan resmi apabila terdapat pelanggaran yang terjadi di lingkungan kerja rumah sakit. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih. Humas - RSKD ”
“ Adakah karyawan bapak/ibu yang bernama Citra Rahayu? ”
“ Terima kasih atas pertanyaan dan perhatian yang diberikan kepada RSKD. Kami ingin menyampaikan bahwa RSKD selalu berkomitmen untuk menjaga integritas, profesionalisme dan etika seluruh pegawai kami dalam bekerja. Menanggapi pertanyaan dan tuduhan yang Ibu sampaikan, kami mohon pengertiannya bahwa informasi terkait identitas dan data pribadi karyawan tidak dapat kami sampaikan secara terbuka demi menghormati privasi individu dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terkait dengan nama individu yang Ibu sebutkan dan isu yang disampaikan, kami perlu menegaskan bahwa hal tersebut termasuk dalam ranah pribadi dan tidak berkaitan langsung dengan institusi atau tugas kedinasan yang bersangkutan, apabila memang benar yang bersangkutan adalah bagian dari pegawai kami. Hal-hal yang menyangkut kehidupan pribadi seseorang di luar kedinasan tidak berada dalam wewenang institusi untuk diintervensi, kecuali apabila telah terbukti melanggar hukum atau berdampak langsung terhadap pelayanan dan citra institusi. Kami menyarankan agar persoalan yang bersifat pribadi diselesaikan melalui jalur yang sesuai dan sah secara hukum. Kami juga tetap terbuka untuk menerima laporan resmi apabila terdapat pelanggaran yang terjadi di lingkungan kerja rumah sakit. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih. Humas - RSKD ”
“ Admin Billing Bhima Maulani Hanif kebanyakan main hp dan tidak fokus dalam bekerja. ”
“ Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas masukan dan kritik yang disampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kekurangan dalam pelayanan yang diberikan oleh saudara Bhima Maulani Hanif. Kami akan segera melakukan evaluasi terhadap kinerja yang bersangkutan dan memberikan pembinaan agar dapat bekerja dengan lebih teliti, profesional, dan bertanggung jawab. Kami sangat menghargai perhatian dan kepedulian Ibu terhadap kualitas layanan kami. Masukan seperti ini menjadi bagian penting dalam upaya kami untuk terus memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat. Jika Ibu bersedia, kami juga terbuka untuk menerima informasi lebih lanjut (WA 0811 5425 021) mengenai kejadian atau kekurangan yang dimaksud, agar dapat ditangani secara lebih spesifik. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Admin Bhima Maulani Hanif tolong kerja yang bener, jangan terlalu asal, dan kebanyakan salah dalam bekerja. ”
“ Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas masukan dan kritik yang disampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kekurangan dalam pelayanan yang diberikan oleh saudara Bhima Maulani Hanif. Kami akan segera melakukan evaluasi terhadap kinerja yang bersangkutan dan memberikan pembinaan agar dapat bekerja dengan lebih teliti, profesional, dan bertanggung jawab. Kami sangat menghargai perhatian dan kepedulian Ibu terhadap kualitas layanan kami. Masukan seperti ini menjadi bagian penting dalam upaya kami untuk terus memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat. Jika Ibu bersedia, kami juga terbuka untuk menerima informasi lebih lanjut (WA 0811 5425 021) mengenai kejadian atau kekurangan yang dimaksud, agar dapat ditangani secara lebih spesifik. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Assalamualaikum min, perkenalkan saya nama Deby Iwan Stiyawan umur 34 tahun dan orang tua dari anak pasien thalasemia, kami rutin kontrol per 2 minggu. keluhan saya yg paling utama adalah bebasnya orng merokok di kawasan rumah sakit dan kantin diatas yova, besarnya tanda larangan merokok tidak di indahkan oleh keluarga pasien. Bahkan saya sampai sampaikan hal ini (merokok sembarangan) ke petugas RS kanudjoso yg kebetulan berada dikantin tersebut namun mreka hanya bilang "SUSAH". APAKAH TIDAK ADA KONTROL DARI KEAMANAN ATAU PETUGAS DI RUMAH SAKIT? mohon di tindak min, krna sangat mengganggu non perokok. ”
“ Terima kasih Bapak Iwan telah menyampaikan keluhan dan masukan kepada kami. Kami turut prihatin dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami selama berada di lingkungan RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo. Kami sangat memahami kekhawatiran Bapak, terlebih sebagai orang tua dari pasien anak dengan thalasemia yang rutin kontrol. Rumah sakit seharusnya menjadi area yang aman dan nyaman bagi seluruh pasien dan pengunjung, terutama dalam hal menjaga kualitas udara dan kesehatan lingkungan. Terkait laporan Bapak mengenai masih adanya pengunjung yang merokok di area yang jelas-jelas terdapat larangan merokok, termasuk di FoodCourt RSKD, kami sangat menyayangkan hal tersebut. Petugas kami seharusnya dapat bersikap lebih proaktif dan tidak menyerah dengan situasi. Tanggapan "susah" tidak mencerminkan semangat pelayanan kami dan hal ini akan menjadi bahan evaluasi serta pembinaan. Kami akan segera menindaklanjuti laporan ini kepada bagian keamanan dan manajemen fasilitas rumah sakit untuk : 1. Meningkatkan patroli rutin dari petugas keamanan di area rawan pelanggaran, termasuk kantin. 2. Memberikan teguran langsung kepada pelanggar aturan merokok. 3. Mengevaluasi ulang sistem penegakan kawasan bebas rokok agar lebih tegas dan efektif. 4. Mengingatkan seluruh petugas kami untuk bersikap responsif dan tanggap terhadap aduan masyarakat. Sekali lagi, kami menghargai kepedulian Bapak. Masukan seperti ini sangat berarti bagi kami untuk terus memperbaiki mutu layanan demi kenyamanan dan keselamatan seluruh pengunjung. Hormat kami, Humas - RSKD ”
“ Petugas pendaftaran jkn online sangat tidak ramah. Tidak semua orang pernah ke RSKD, tatacara pendaftaran di tiap rumah sakit berbeda2. Cara penyampaian bisa lebih baik. Salah satu perawat poli penyakit dalam juga cara komunikasi tidak menyenangkan ”
“ Terima kasih atas masukan yang Ibu Ghita sampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami saat proses pendaftaran JKN online maupun saat berinteraksi dengan petugas kami di Poliklinik Penyakit Dalam. Kami sangat memahami bahwa prosedur yang berbeda di setiap rumah sakit bisa membingungkan, terutama bagi pasien yang baru pertama kali datang ke RSKD. Seharusnya petugas kami dapat memberikan informasi dengan cara yang ramah, jelas dan membantu. Kami juga menyayangkan adanya sikap komunikasi yang kurang menyenangkan dari salah satu perawat dan hal ini akan menjadi perhatian serius bagi kami. Kami akan melakukan evaluasi dan pembinaan kepada petugas terkait agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Harapan kami, semua pasien dapat merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan terbaik dari kami. Jika Ibu bersedia, kami juga membuka kesempatan untuk mendengar lebih lanjut detail pengalaman Ibu melalui layanan pengaduan resmi rumah sakit (WA 0811 542 5021) agar dapat ditindaklanjuti secara lebih spesifik. Terima kasih, Humas - RSKD ”
“ Halo, selamat siang Bapak/Ibu RSKD Balikpapan Perkenalkan, saya Annisa, ingin menyampaikan informasi penting terkait salah satu karyawan di instansi Bapak/Ibu, yaitu Sdri. Citra Rahayu yang bertugas di Ruang Bougenville. Mohon maaf sebelumnya jika pesan ini mengganggu. Saya memiliki bukti kuat bahwa Sdri. Citra Rahayu terlibat dalam hubungan tidak pantas dengan suami saya yang sah, dan hal ini telah menyebabkan keretakan dalam rumah tangga kami. Saya memahami bahwa hal ini bersifat pribadi. Namun, karena tindakan tersebut telah berdampak pada kondisi psikologis saya dan anak kami, serta mencemarkan nama baik keluarga, saya merasa perlu menyampaikan hal ini secara resmi untuk dipertimbangkan oleh pihak instansi. Apabila diperlukan, saya siap memberikan bukti-bukti yang mendukung pernyataan saya. Saya menyerahkan sepenuhnya kepada instansi Bapak/Ibu untuk menindaklanjuti informasi ini sesuai kebijakan internal yang berlaku. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya. ”
“ humas rskd <humas.rskd@gmail.com> 6:31 PM (3 minutes ago) to annisa2727 Mohon maaf sebelumnya kepada Ibu Ani, perlu kami sampaikan bahwa secara umum, urusan perselingkuhan yang dilakukan oleh oknum pegawai rumah sakit (seperti yang Ibu sampaikan) dengan orang luar (suami Ibu) bukan menjadi tanggung jawab langsung rumah sakit, kecuali : 1. Perselingkuhan terjadi di lingkungan dan di jam kerja RS atau menggunakan fasilitas RS (ruangan, kendaraan dinas, dll) yang berarti ada pelanggaran etika profesi atau disiplin kerja. 2. Kasus tersebut melibatkan pelecehan, kekerasan atau pelanggaran hukum, misalnya jika hubungan itu tidak konsensual, melibatkan pasien atau melanggar peraturan kepegawaian atau hukum pidana. 3. Namun, jika perselingkuhan tersebut murni urusan pribadi di luar jam kerja dan tidak melibatkan fasilitas RS, secara formal tidak akan menjadi beban institusi, walaupun tetap bisa berdampak sosial atau moral. Demikian yang dapat kami sampaikan bahwa hal ini merupakan urusan pribadi yang berada di luar ranah tugas dan tanggung jawab kedinasan. Selama tidak terjadi pelanggaran terhadap peraturan kerja, etika profesi dalam memberikan pelayanan di RS, maupun hukum yang berlaku, maka hal tersebut tidak menjadi tanggung jawab institusi. Apabila Ibu dan keluarga merasa dirugikan, kami mempersilakan untuk melapor kepada pihak yang berwenang sesuai aturan dan mekanisme hukum yang berlaku. Terima kasih ”
“ PERAWAT CITRA RAHAYU PELAKOR RUANG BOUGENVILLE saya perlu menegaskan bahwa permasalahan yang saya sampaikan tidak semata-mata bersifat pribadi, karena yang bersangkutan adalah pegawai di lingkungan RSKD dan telah melakukan tindakan yang mencoreng etika serta menciptakan ketidaknyamanan sosial yang berdampak pada nama baik institusi. ”
“ Mohon maaf sebelumnya kepada Ibu Ani, perlu kami sampaikan bahwa secara umum, urusan perselingkuhan yang dilakukan oleh oknum pegawai rumah sakit (seperti yang Ibu sampaikan) dengan orang luar (suami Ibu) bukan menjadi tanggung jawab langsung rumah sakit, kecuali : 1. Perselingkuhan terjadi di lingkungan dan di jam kerja RS atau menggunakan fasilitas RS (ruangan, kendaraan dinas, dll) yang berarti ada pelanggaran etika profesi atau disiplin kerja. 2. Kasus tersebut melibatkan pelecehan, kekerasan atau pelanggaran hukum, misalnya jika hubungan itu tidak konsensual, melibatkan pasien atau melanggar peraturan kepegawaian atau hukum pidana. 3. Namun, jika perselingkuhan tersebut murni urusan pribadi di luar jam kerja dan tidak melibatkan fasilitas RS, secara formal tidak akan menjadi beban institusi, walaupun tetap bisa berdampak sosial atau moral. Demikian yang dapat kami sampaikan bahwa hal ini merupakan urusan pribadi yang berada di luar ranah tugas dan tanggung jawab kedinasan. Selama tidak terjadi pelanggaran terhadap peraturan kerja, etika profesi dalam memberikan pelayanan di RS, maupun hukum yang berlaku, maka hal tersebut tidak menjadi tanggung jawab institusi. Apabila Ibu dan keluarga merasa dirugikan, kami mempersilakan untuk melapor kepada pihak yang berwenang sesuai aturan dan mekanisme hukum yang berlaku. Terima kasih ”