< Kembali

Pelayanan Kanker Terpadu Gedung Lavender


pelayanan kanker terpadu

merupakan salah satu pelayanan unggulan rsud dr. kanujoso djatiwibowo balikpapan dalam penanganan kasus-kasus kanker.

gedung ini terdiri dari 3 lantai :

  1. lantai dasar (instalasi onkologi radiasi )

tindakan radioterapi merupakan tindakan menggunakan radiasi pengion berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker. radioterapi – rskd dikepalai oleh dr. david andi wijaya, sp.onk. rad dan didampingi oleh tenaga radiografer yang handal dibidangnya.

dilengkapi dengan fasilitas

    1. ruang tunggu pasien yang luas dan nyaman, untuk pasien vip disediakan ruang tunggu khusus yang sangat nyaman.
    2. ruang poliklinik untuk konsultasi dengan dokter
    3. ruang rapat untuk pembicaraan tatalaksana kasus-kasus kanker secara multidisiplin.
    4. ruang perencanaan radiasi (ruang treatment planning system) yang merupakan ruang tempat dokter dan fisikawan medik mengolah hasil pencitraan dari ct simulator untuk menghasilkan program perencanaan radiasi yang berbeda antar pasien yang 1 dengan lainnya.
    5. ruangan penyinaran tempat mesin radiasi diletakkan. dapat kita saksikan ilustrasi pasien-pasien yang menjalani radiasi.

untuk membuat pasien merasa nyaman, ruangan-ruangan di instalasi onkologi radiasi didesign dengan dekorasi yang apik dan rapi.

fasilitas utama yaitu (alat canggih) berupa  1 pesawat ct simulator dan 2 pesawat radiasi (linear accelerator).

    1. pelayanan ct simulasi, dilakukan sebelum pasien menjalani radiasi
    2. 2 mesin radiasi dengan sumber radiasi pengion berasal dari listrik yang dikenal dengan nama pesawat linear accelerator
  1. lantai 1 (ruang perawatan pasien kemoterapi dewasa)

ruang kemoterapi dewasa ini merupakan ruang perawatan bagi pasien penderita kanker khusus dewasa. kemoterapi merupakan salah satu pengobatan yagn digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya dengan cara menghentikan / menghambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat.

fasilitas didalam ruangan akan terus dikembangkan dan sdm medis yang bertugas tentu saja yang handal dibidangnya.

ruang kemoterapi ini memiliki kapasitas 20 tempat tidur yang terdiri dari :

  1. 11 tt kelas 3
  2. 4 tt kelas 2
  3. 2 tt kelas isolasi (untuk kelas 1, 2 dan 3)
  4. 2 tt kelas 1
  5. 1 tt vip 

selain itu difasilitasi juga dengan ruang tindakan, ruang obat, nurse station, ruang linen, ruang dokter dan ruang pertemuan.                     

  1. lantai 2 (ruang rawat inap kemoterapi anak / hemato-onkologi anak) ruang hemato onkologi anak adalah ruang perawatan bagi pasien panderita kanker khusus anak. ruang ini juga memiliki kapasitas 20 tempat tidur yang terdiri dari :
    1. 11 tt kelas 3
    2. 4 tt kelas 2
    3. 2 tt kelas isolasi (untuk kelas 1, 2 dan 3)
    4. 2 tt kelas 1
    5. 1 tt vip 

selain itu difasilitasi juga dengan ruang tindakan, ruang obat, nurse station, ruang linen, ruang dokter dan ruang pertemuan. pelayanan hemato-onkologi ini dikepalai oleh dr. elsa maimon, sp.a (k) yang didampingi oleh perawat-perawat profesional yang telah mendapatkan pelatihan khusus.

semua pasien di ruang hemato-onkologi anak adalah pasien anak namun saat kita mengunjungi ruangan ini tidak ada suara tangis anak. karena setiap pasien yang datang selalu diajak berinteraksi oleh petugas yang menggunakan atribut anak-anak,  ruangan yang didesign khusus dan tersedia ruang bermain anak. masing-masing dinding menuju kamar perawatan ada sticker gambar putra putri daerah menggunakan pakaian adat yang beraneka macam dan sesekali waktu ada pendongeng yang datang untuk menghibur para pasien. kami terus berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien secara komprehensif, aman, profesional dan memuaskan.


2022-06-21 10:23:32