< Kembali

Laboratorium Mikrobiologi


 

LABORATORIUM MIKROBIOLOGI

Laboratorium Mikrobiologi RSKD memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kepuasan langsung. Identifikasi mikroba penyebab infeksi dengan pemeriksaan kultur, tes kepekaan antibiotic dengan menggunakan peralatan canggih VITEK.

Sebenarnya manfaat lain dari permintaan hasil laboratorium mikrobiologi klinik dari para klinisi selain dapat menentukan diagnosa kausal secara tepat juga ada beberapa keuntungan ganda antara lain sebagai berikut :

  1. Dapat mengetahui jenis mikrobia yang paling sering terlibat sebagai infeksi.
  2. Dapat memilih antibiotik yang paling tepat untuk pengobatan sehingga penderita cepat sembuh.
  3. Dapat mengetahui jenis antibiotik yang paling sensitif terhadap bakteri kausal tersebut untuk digunakan sebagai antibiotika emperik dan data pribadi .
  4. Dapat ikut mencegah peningkatan resistensi bakteri terhadap antibiotik yang akhir-akhir ini telah meningkat dengan pesat.
  5. Dapat membantu di bagian farmasi dalam menyediakan antibiotik yang diperlukan sehingga mengurangi pemborosan.
  6. Dapat mengurangi beban biaya perawatan dari penderita yang dirawat di rumah sakit.

Jenis pemeriksaan yag dapat dilakukan di laboratorium mikrobiologi rskd :

    1. BTA / GRAM / KOH
    2. KULTUR DAN SESITIVITAS (URINE, DARAH, PUS, SPUTUM, SS)
    3. TCM COVID-19
    4. RT PCR COVID-19
    5. RAPID ANTI GEN
    6. RAPID ANTIBODY

Laboratorium mikrobiologi RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan mengutamakan mutu dan pelayanan, terus meningkatkan kecepatan dan ketepatan hasil pemeriksaan yang berguna dalam tatalaksana pasien.

RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan terus berupaya mengutamakan kualitas pelayanan dan siap memainkan perannya dalam tatalkasana kasus infeksi, pencegahan resistensi antimikroba serta pengendalian dan pencegahan infeksi di rumah sakit.

mengutamakan mutu dan pelayanan, terus meningkatkan kecepatan dan ketepatan hasil pemeriksaan yang berguna dalam tatalaksana pasien.

RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan terus berupaya mengutamakan kualitas pelayanan dan siap memainkan perannya dalam tatalkasana kasus infeksi, pencegahan resistensi antimikroba serta pengendalian dan pencegahan infeksi di rumah sakit.


2022-08-09 09:49:01